BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pemkab

Posted: 4 bulan lalu

KUDUS – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggandeng pemkab untuk turut serta memberikan perlindungan pegawai pemerintah non PNS. Kepala BPJS Kudus Teguh Wiyono mengatakan, jaminan yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi pegawai di luar PNS.

Pasalnya, mereka bekerja sama dengan PNS dan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan menggandeng Pemkab terkait agar bisa memberikan perlindungan bagi pegawai yang bersangkutan.

“Saat ini yang sudah tercover adalah perangkat desa di Kabupaten Kudus, kabupaten lain akan menyusul,” kata Teguh di sela-sela rapat koordinasi pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan bagi pegawai pemerintah non PNS dan perangkat desa Kabupaten Rembang di Hotel Griptha Selasa (13/6) sore.

Saat ini, lanjutnya, Pemkab Rembang segera menyusul karena sudah melakukan kesepakatan bersama tentang optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan. Rencananya, tahun ini para guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) akan tercover dengan dua program, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Empat Program

Adapun pada 2018 nanti seluruh pegawai pemerintahan non PNS akan tercover keseluruhan. “Tahun depan, ada empat perlindungan yang akan diikutkan, yaitu JKK, JKM, Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP),” imbuhnya.

Pada rapat koordinasi tersebut, Sekda Rembang Subhakti mengatakan, Pemkab Rembang akan menyiapkan anggaran pada APBD 2018 dan segera mendaftarkan pegawai pemerintah non PNS serta perangkat desa untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

“‘Untuk perangkat desa yang mau ikut BPJS Ketenagakerjaan tahun ini juga bisa mendaftar secara swadaya atau mandiri,” kata Subhakti. Dirinya juga mendorong agar agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan perangkat desa untuk aktif mensosialisaskan program BPJS ketenagakerjaan bagi pelaku usaha dan pekerja. (H76- 64)