Pengusaha Diwajibkan Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 6 bulan lalu

Untuk memperpanjang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) sekarang diwajibkan untuk menunjukan tanda kepesertaan BPJS Ketenagakerjan. Jika tidak, perpanjangan administrasi perusahaan tersebut tidak dapat dilakukan. ‎

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang, Mualif menjelaskan, perusahaan baru yang mengajukan izin usaha harus membuat komitmen untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sementara untuk perusahaan lama yang ingin memperpanjang SIUP dan TDP harus menunjukan tanda kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

"Karena nanti komitmen tersebut akan kami awasi bersama pemerintah daerah setelah mereka beroperasi, dan seluruh tenagakerjanya harus didaftarkan kepada BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya, Kamis 16 Februari 2017.

Mualif mengatakan, selain menyasar industri atau perusahaan melalui pemerintah daerah (Pemda), pihaknya juga berusaha untuk membangun kerjasama dengan usaha jasa kontruksi, perizinan, apotek dan klinik.

Karena, dikatakan Mualif, pekerja di bidang itu juga harus mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Untuk Izin mendirikan Bangunn (IMB) yang diajukan perorangan akan menjadi perhatian kami. Para tukang bangunan yang bekerja di pembangunan rumah milik perorangan tetap harus mendapatkan perlindungan karena termasuk tenaga kerja," ujarnya.