Dinas Penanaman Modal Solo Gelar Sosialisasi Sistem Prosedur Perizinan BPJS

Posted: 8 bulan lalu

Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta bersama BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Utama Surakarta menggelar sosialisasi sistem prosedur pengurusan perizinan dan program BPJS.

Sebanyak 153 badan usaha yang akan memperpanjang izin usahanya ke Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Surakarta mengikuti acara di di Hotel Lorin Solo, Karanganyar, Selasa (14/2/2017).

Sosialisasi itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, BPJS Kesehatan Surakarta dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Utama Surakarta.

Kerja sama tersebut meliputi optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Sosial Nasional di Kota Solo.

Ke depan, setiap badan usaha maupun pengusaha yang akan mengurus atau memperpanjang izin usaha harus melampirkan bukti keikutsertaan karyawannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan.

Seperti yang diketahui, sesuai UU Nomor 24 tahun 2011, BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan 4 program.

Yakni, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

Sementara, BPJS Kesehatan menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

"Dengan program BPJS, maka setiap karyawan badan usaha akan dilindungi dari risiko sosial ekonomi seperti kecelakaan kerja, hari tua, pensiun atau meninggal dunia," kata Kepala Kantor Ketenagakerjaan Cabang Utama Surakarta, Suwilwan Rachmat.

Di sisi lain, tujuan Pemkot untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan lewat program tersebut.