Sumber Waras Resmi Jadi Rumah Sakit Trauma Centre

Posted: 3 bulan lalu

Sebagai langkah melindungi kalangan tenaga kerja, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Cirebon menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras Kabupaten Cirebon. Kerjasama ini, merupakan upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan pelayanan bagi tenaga kerja dari risiko kecelakaan kerja.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Cirebon, Mias Muchtar mengatakan, kerjasama yang dilakukan, merupakan hasil tindaklanjut dari MoU BPJS Ketenagakerjaan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

"Ini juga dalam mengoptimalisasikan pelaksanaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, sekaligus untuk memberikan inovasi pelayanan dalam meningkatkan manfaat bagi rekan-rekan tenaga kerja yang mengalami risiko kecelakaan kerja," tutur Mias Muchtar dalam sambutan penandatanganan kerjasama sekaligus persemian RS Sumber Waras sebagai trauma centre, Selasa (10/1/2017).

Turut hadir dalam acara itu, Bupati Cirebon H.Sunjaya Purwadi Sastra, Pemilik RS Sumber Waras dr.Suwanta, Kepala Disnakertrans Kabupaten Cirebon Moh.Sofyan, Direktur RS Sumber Waras dr. Wawat Setiamiharja dan sejumlah unsur muspida lainnya.

Mias Muchtar melanjutkan, melalui kerjasama yang telah dilakukannya itu, bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami risiko kecelakaan kerja maupun menderita penyakit akibat kerja, bisa memanfaatkan RS Sumber Waras sebagai rumah sakit trauma center kecelakaan kerja.

"Kalangan peserta yang mengalami resiko kecelakaan kerja maupun terkena penyakit akibat kerja akan mendapatkan perawatan dan pengobatan lebih optimal dari RS Sumber Waras yang telah ditunjuk BPJS Ketenegekerjaan sebagai trauma centre. Selain itu, seluruh biaya, baik untuk perawatan maupun pengobatan ditanggung penuh BPJS Ketenagakerjaan," papar Mias Muchtar.

Direktur RS Sumber Waras, dr. Wawat Setiamiharja mengungkapkan, pihaknya siap menangani para pekerja yang mengalami kecelakaan hingga benar-benar sembuh. "Sebagai rumah sakit swasta, kami tentu memiliki komitmen memberi layanan tidak hanya pada pasien sebagaimana umumnya, juga peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karenanya, semua itu akan ditangani oleh tenaga medis berpengalaman yang ada di trauma centre. Kami juga berharap RS kami ini dapat menjadi rujukan utama dalam penanganan kasus trauma bagi para pekerja," ungkapnya.

Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadi Sastra mengatakan, dirinya mengimbau kepada perusahaan, maupun pihak-pihak yang mempekerjakan tenaga kerja agar mendaftarkan karyawannya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan.