BPJS Ketenagakerjaan Minta Tambah 70 Pengawas

Posted: 8 bulan lalu

Dewan Pengawas (Dewas) BPJS Ketenagakerjaan menegaskan akan terus meningkatkan pengawasan. Untuk meningkatkan pengawasan Dewas BPJS Ketenagakerjaan meminta penambahan SDM.

Ketua Dewas BPJS Ketenagakerjaan Guntur Wicaksono menjelaskan, fungsi dan tugas dari Dewas adalah mengawasi dari sisi internal maupun eksternal. Sementara BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki 324 kantor cabang dibutuhkan SDM yang banyak untuk melakukan pengawasan.

"Kalau kita lihat pegawai BPJS Ketenagakerjaan sekira 1.500-an, sementara dengan pengawas internal cuma 17 orang. Jadi kami minta dikembangkan untuk ditaruh di kanwil-kanwil yang strategis," tuturnya dalam acara Temu Dialog Dewas BPJS Ketenagakerjaan dengan Insan Pers di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Senin (9/1/2016).

Sementara Anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan Syafri Adnan Baharuddin menambahkan, setidaknya jika melihat jumlah kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada setidaknya dibutuhkan 70 orang untuk melakukan pengawasan.

"Kita ingin jumlahnya 70 orang, kami ingin taruh 3 orang di setiap daerah. Kami ingin meningkatkan kinerja dari audit internal di masing-masing wilayah. Tidak ada organisasi yang baik tanpa pengawasan," imbuhnya.

Menurut Syafri pengawasan yang menyeluruh sangat penting bagi BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga pelayanan publik yang fokus pada pelayanan bukan berorientasi pada keuntungan.

"Jadi yang penting adalah good governance," tuturnya.